Sunday, February 18, 2018

Tutorial lengkap cara install windows 8 lengkap dengan gambar




Tutorial lengkap cara install windows 8 lengkap dengan gambar , Pada saat ini, komputerdia.combakal sharing tutorial bagaimana langkah meng-install windows 8/8. 1, seandainya anda membaca tutorialnya dengan cermat. Langkah demi langkahnya yang komputerdia.com terangkan dengan sedetail mungkin supaya anda bisa mengerti benar tiap-tiap langkahnya.

Pada windows 8 atau 8. 1 tidak mempunyai perbedaan yang mencolok.Mungkin saja ada sedikit ketidaksamaan di antara keduanya, seperti navigation properties, feature pencarian, serta ukuran tile yang memiliki ciri khas tersendiri.

Satu diantara ciri khas yang paling menonjol dari windows 8. 1 yaitu, ada tombol start pada menu taskbar, di mana windows 8 tak diperlengkapi dengan feature ini. Namun tenang saja, langkah menginstallnya sama kok, jadi anda tak perlu cemas. Simak langkah-langkahnya seperti berikut :

Baca Juga : Tutorial lengkap cara install windows 10 lengkap dengan gambar




LANGKAH - LANGKAH INSTALL WINDOWS 8 / 8.1

Sebelum mengawali proses install windows 8 seperti biasanya, sediakan DVD installer windowsnya.
Bila yang di install yaitu laptop, komputerdia.com begitu merekomendasikan supaya anda mencolokkan charger laptop anda ketika proses installasi sedang berlangsung , akan sangat beresiko apabila masih dalam proses instalasi, tiba - tiba laptop anda mati
Setting BIOS supaya booting dari CD/DVD bisa berjalan dengan baik

Untuk mengawali instalasi, silahkan tekan sembarang tombol.



Tentukan Indonesian (Indonesia) pada Time and currency format. Untuk yang lain biarlah saja default, tak perlu dirubah. Kemudian tekan tombol Next.



Bakal nampak penampilan seperti yang ada pada gambar di bawah ini. Silahkan klik tombol Install now.



Tahap selanjutnya yakni memasukkan product key windows 8 nya, yang umumnya ada dalam satu paket sama DVD nya. Lalu klik tombol Next. Jika anda tidak mempunyai serial / product keys, di tahap ini anda bisa melewati / skip tahap ini dan masalah ini bisa anda selesaikan dengan windows activator agar windows ada menjadi full version



Janganlah lupa centang I accept the licence terms, lalu tentukan Next untuk meneruskan ke langkah selanjutnya.



Pada langkah di bawah ini, silahkan tentukan Custom : Install Windows only (advanced).



Untuk anda yang menginginkan proses install ulang, di mana computer/laptop anda yang pernah diinstall system operasi windows sebelumnya serta menginginkan data pada partisi lain tak hilang, anda cukup delete Drive 0 Partition 2 (partisi C :) serta Drive 0 Partition 1 : Sistem Reserved, setelah keduanya terhapus silahkan anda buat partisi baru lagi, kemudian tentukan Drive 0 Partition 2 sebagai tempat instalasinya, lalu tekan tombol Next. Lebih detilnya, simak gambar gif di bawah ini.



Seperti yang anda lihat pada gambar di bawah ini, bahwa kapasitas HDD nya masihlah kosong. Yang harus anda kerjakan pada langkah di bawah ini yaitu mempartisi HDD anda jadi beberapa partisi (tergantung dengan selera anda, dapat 2, 3 atau lebih dari tiga partisi).



Untuk bikin partisi baru, silahkan tentukan Drive options (advanced) → New, tetapkan ukuran partisi itu sesuai dengan selera, lalu tekan tombol Apply. Bila HDD anda memiliki ukuran 320/500 GB, saya anjurkan berikan ukuran 100GB lantaran partisi di bawah ini adalah partisi sistem (partisi C :).



Setelah itu tekan tombol OK untuk pembuatan sistem reserved partition.



Setelah itu buat partisi lagi sesuai sama selera anda. Untuk langkah-langkahnya sama sama seperti pada langkah nomer 9 yakni tentukan Disk 0 Unallocated Space → New, lantas tetapkan ukuran partisi itu, lalu tentukan Apply.



Tentukan Drive 0 Partition 2 (partisi C :) sebagai tempat instalasi windows 8 nya, setelah itu tentukan Next.



Pada step di bawah ini memerlukan waktu lebih kurangnya 15 menitan serta computer/laptop anda bakal restart beberapa kali sepanjang sistem berjalan.



Setelah itu berikan nama pada PC anda, lalu tentukan Next. Dalam step di bawah ini, anda dapat juga mengatur warna latar tampilan desktop anda sesuai dengan selera anda.

Setelah itu pilih Use express setting.



Masukan nama pemakai sekalian passwordnya jika memang komputer anda harus menggunakan password. Tanpa ada password juga tidak jadi masalah, namun bila anda menginginkan supaya tak asal-asalan orang bisa terhubung computer/laptop anda, begitu dianjurkan untuk memberikannya password. Untuk kolom Password hint, isikan kata atau kalimat yang mempermudah anda mengingat password anda, dikosongkan juga tidak jadi masalah. Setelah itu silahkan tekan tombol Finish



Tunggulah beberapa menit hingga anda bisa melihat penampilan dekstop seperti pada gambar dibawah ini. maka dengan tampilnya dsktop windows 8 ini hal ini pertanda instalasi windows 8/8. 1 juga telah selesai



Pastinya ada banyak hal yang perlu anda kerjakan sesudah sukses meng-install system operasi windows 8.

Mudah-mudahan coretan simpel komputerdia.com ini dapat berguna untuk anda. Apabila ada pertanyaan sekitar tutorial langkah meng-install windows 8 ataupun 8. 1, janganlah sungkan untuk ajukan pertanyaan lewat kotak komentar yang sudah disiapkan.

Baca Juga : Tutorial lengkap cara install windoes 7 disertai dengan gambar

No comments:

Post a Comment

AdNow

loading...