Monday, February 19, 2018

Cara pengaturan BIOS komputer PC dan laptop semua tipe


Cara pengaturan BIOS komputer dan laptop semua tipe, Bagi anda yang kesehariannya berkutik di dunia komputer , entah itu berupa PC ( Personal Computer ) atau Laptop, tentunya anda pasti pernah melakukan yang namanya Setting BIOS, Install Ulang OS , Install OS , Upgrade OS dll.
Pada artikel kali ini GKB akan memaparkan bagaimana cara setting BIOS komputer. Pada dasarnya semua vendor mempunyai settingan BIOS yang sama , akan tetapi yang berbeda itu hanya dari tata letak menu BIOS saja dan ShortKey yang berbeda , selepas dari itu semuanya sama.
Sebelum masuk ke pembahasan utama, alangkah baiknya kita perlu mengetahui apa itu BIOS ?

BIOS adalah singkatan kata dari Basic Input Output System, yang mempunyai arti suatu media yang dijadiukan tempat kumpulan perangkat lunak yang berada dan terpasang didalam perangkat komputer yang dimana fungsi utama dari bios ini adalah sebagai tempat untuk mengatur seluruh konfigurasi didalam perangkat komputer seperti pasda saat akan melakukan proses instalasi sistem operasi, padasaat akan  menjalankan dan proses  startup sistem suatu sistem operasi dan membuat kinerja komputer menjadi lebih stabil.

Baca juga : Tutorial lengkap cara install windows 8 lengkap dengan gambar


Memang pada masalah ini jarang sekali kita "bersapa langsung" untuk waktu setiap hari dengan BIOS ini dan yang perlu anda ketahui bahwasannya tidak semua orang bisa dan paham akan BIOS ini. Perlu ditekankan lagi bahwasannya kita bisa menggunakan atau mengakses halaman BIOS pada saat kita akan melakukan segala pengaturan perangkat pada sebuah mather board yang terpasang pada perangkat komputer kita, apkah memang ada fitur yang mengharuskan kita melakukan settingan disable atau bahkan enable dan pada umumnya orang akan melakukan sebuah interaksi dengan BIOS ini ketika kita akan melakukan proses installasi sistem operasi pada perangkat komputer.

Perlu anda ketahui bahwa Fungsi yang paling utama dari fitur BIOS ini adalah sebagai salah satu media yang mempunyai tugas sebagai media pemberi instruksi atau arahan yang kita kenal dengan bahasa POST [Power on Self Test]  yakni salah satu perintah untuk melakukan sustu identifikasi pada setiap perangkat komputer seperti RAM, Keyboard dan Mouse, CPU,  Kartu VGA,  serta perangkat lainnya yang memang  dibutuhkan ketika perangkat komputer sedang melakukan proses startup.

CARA PENGATURAN BIOS

  • Hidupkan komputer atau laptop anda tunggu beberapa saat samapai keadaan layar menjadi menyala black screen ( Hitam penuh )
  • Kemudian anda tekan shortkey di keyboard anda , shortkey bisa berupa Tombol F2 , Tombol F12 , Tombol F8 atau bahkan Tombol Delete tergantung type motherboard yang anda gunakan
  • Setelah anda menekan salah satu tombol diatas , makan anda akan diarahkan ke hlaman berikut ini.
Berikut adalah beberapa tipe tampilan dari BIOS :

Cara pengaturan BIOS komputer PC dan laptop semua tipe
  • Selanjutnya anda masuk ke bagian menu " BOOT " arahkan kebawah dengan tombol arah carai bagian menu " Boot Priority "
  • Jika sudah di temukan,Tempatkan CD ROM menjadi urutan yang paling atas , diikuti urutan kedua dengan HDD atau HardDisknya. Biasanya CD ROM akan terbaca di BIOS dengan nama Merk CDRom tersebut atau bahkan hanya ada tulisan seperti ATAPI CD/DVD . Untuk memindahkan posisi hardDisk, CDROM, bahkan USB flashdisk di BIOS anda bisa menggunakan tombol Arah Atas , Tombol Arah Bawah , Tombol F6 ataupun Tombol F5
  • Catatan : * Metode ATAPI CD / DVD digunakan jika anda install komputer menggunakan Keping CD / DVD 
  • Sebagai contoh lihat gambar di bawah ini
Cara pengaturan BIOS komputer PC dan laptop semua tipe
  • Jika anda menggunakan bootable berupa FlashDisk , anda atur flashdisk menjadi urutan yang pertama , biasanya di BIOS flashdisk terbaca sebagai , USB FDD , USB Generik bahakan terbaca nama merek Flashdisk tersebut
  • Jika semuanya sudah diatur sesuai dengan metode yang anda gunakan , selanjutnya anda Tekan tombol F10 kemudian pilih " Yes " dan " enter "
  • Pengaturan pun sudah selesai anda lakukan, semoga bermanfaat dan bisa membantu anda

Baca Juga : Tutorial lengkap cara install windows 10 lengkap dengan gambar

No comments:

Post a Comment

AdNow

loading...